Selasa, 28 April 2015

The Task of Lesson Religion Catholic



REFLEKSI PRESENTASE

“MENGASIHI SESAMA TANPA MEMBEDA-BEDAKAN 
SEPERTI TUHAN MENGASIHI MANUSIA”

Allah berbicara mengenai “KASIH” lewat Alkitab (I Kor: 13:4-8)

Logo SMP-ku
Kasih itu sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan, tidak mencari keuntungan sendiri, tidak pemarah, tidak menyimpan kesalahan orang lain, tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih itu tidak berkesudahan.

Yesus sendiri telah memberi teladan kepada kita. Ia memberi pertolongan kepada siapapun yang datang meminta pertolongan sekalipun mereka berbeda bangsa, agama dan keyakinan. Yesus menolong siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Salah satu contoh tindakan kasih Yesus ialah “YESUS MENYEMBUHKAN HAMBA SEORANG PERWIRA DI KAPERNAUM”. (lih. Mat 8 : 5-13)

Kita hendaknya mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan segenap jiwa kita, dan dengan segenap akal budi (lih. Mat 22 : 37):

(No Man Is An Island = tidak ada orang yang dapat hidup sendirian)

Tentang hal mengasihi sesama manusia, Tuhan menghendaki untuk mengasihi sesama manusia seperti kita mengasihi diri sendiri
(lih. Mat 22 : 39)

Teladan saya dalam mengasihi sesama tanpa membedakan ialah Ibu Teresa dari Calcuta. Selama hidupnya beliau mengabdikan diri untuk melayani orang-orang tersisih.

CARA SAYA MEREALISASIKAN KASIH
Selalu melibatkan Tuhan dalam hidup dan perbuatan kita
Berdoa dan beriman kepada Tuhan
Berusaha menyayangi semua orang
Berbuat tulus
Selalu menyertakan sukacita di dalam hati kita


BUKTI TUHAN MENGASIHI SAYA
Tuhan menciptakan matahari dan Ia menurunkan hujan
 bagi orang jahat dan orang baik

Yesus rela wafat di kayu salib demi menebus dosa manusia

Tuhan menyediakan udara secara cuma-cuma sehingga kita bisa bernapas tanpa khawatir


CONTOH KONKRET DALAM SAYA MENGASIHI
Kepada Tuhan
                                          Berdoa
Melayani Tuhan dan Gereja dengan sungguh
Menaati perintahNya (lih. Kel. 20)
Kepada sesama manusia
Berteman dan berbuat baik pada semua orang
Membantu teman yang kesulitan
Tidak menjelek-jelekkan orang lain 
Bertindak adil terhadap semua orang

Setelah saya melaksanakan presentase ini, saya terbeban dan atau terdorong untuk lebih mengasihi  sesama dan Tuhan. Presentase ini juga sungguh menginspirasi kami(teman-teman) khususnya saya pribadi. Saya akan lebih merealisasikan kasih yang ada dalam diri saya dan mengembangkannya. Dengan segala pertolongan Tuhan saya pasti bisa. Amin.
24 Maret 2012

^^  GOD BLESS US  ^^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar